MLB IMSAK Jakarta

Ikatan Mahasiswa Sasak ( IMSAK ) adalah organisasi kemahasiswaan yang dicetuskan oleh mahasiswa asal Lombok di Jakarta, pada tanggal 5 April 2001, untuk mencoba ikut terjun dalam upaya membenahi kualitas sumber daya manusia, khususnya di Lombok. Di samping itu, Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) ini diharapkan mampu menjadi media dan wadah komunikasi serta penampung spirasi mahasiswa Lombok. Karena Mahasiswa sebagai insan yang well educated mempunyai peran yang signifikan dalam mengukir sejarah dan membentuk masyarakat, mahasiswa terbukti mampu sebagai penentu terjadinya perubahan dalam masyarakat. Dalam konteks inilah mahasiswa mempunyai peran istimewasebagai agent of social control/change. Selain memegang peran “oposisi’ yang terus melakukan kontrol sosial, mahasiswapun harus dapat meningkatkan daya intelektualitasnya, karena idealisme mahasiswa adalah penopang suksesnya cita-cita civil society.

Sekarang Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) beranggotakan kurang lebih berjumlah 250 mahasiswa (baik Setrata S1, Pasca Serjana (S2) dan S3) tersebar di Perguruan-Perguruan Tinggi di Jakarta seperti : Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an (PTIQ), Institute Ilmu al-Qur’an (IIQ), Sekolah Tinggi Akutansi (STAN), dan LIPIA, STP, An-Nuaimi, Al-Aqidah dll. IMSAK dimana “pepadu-pepadu” Lombok berkumpul ini bertukar pikiran dengan membicarakan masalah-masalah sosial kemasyarakatan baik yang berada di Tingkat Profinsi, NTB, maupun lokal, Lombok. Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) berorientasi pada pendidikan intelektual dan pemberdayaan mental karena kesadaran akan membangun masyarakat NTB pada umumnya dan Masyarakat Lombok pada khususnya, yang akan terjun langsung dalam membina dan mengembangkan daerah, baik dengan mengabdi kepada masyarakat dengan menjadi dai atau dosen/guru. Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) telah menelurkan serjana-serjana muda yang tangguh dengan mengabdi kepada masyarakat baik menjadi Dosen di Perguruan-Perguruan Tinggi Islam di Lombok maupun menjadi Dai/Muballig.
Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) Jakarta berupaya untuk menghimpun potensi dalam merajut sinergi, upaya untuk membangun institusi sebagai basis kekuatan aktifitas dan produktifitas bagi mahasiswa Pulau Lombok, menjadi sebuah tuntutan yang harus menjadi prioritas bersama. Proses ini dapat diwujudkan ketika komitmen untuk memberi makna bagi pembangunan daerah disertai bumbu kebersamaan, dialektika pemikiran, serta nuansa kekeluargaan dapat hadir secara bersamaan dalam sebuah forum musyawarah sebagai ruangan terbuka untuk mempertegas identitas diri.
Dalam upaya merealisasikan idealisme tersebut, maka pada Musyawarah luar biasa (MLB) ini kami menyatukan visi dan misi menuju terbentuknya organisasi yang kokoh, solid dan dinamis, komitmen merupakan modal yang pertama dan utama yang harus ditegaskan. Tentunya dengan mengacu pada nilai – nilai dasar “kesatuan pulau Lombok “ yang kritis dan bersifat holistik / menyeluruh sebagai epistimologinya.
Idealisme tersebut akan kami bangun melalui Musyawarah luar biasa (MLB) I Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) Jakarta sebagai pengambil keputusan tertinggi. Adapun out put yang diharapkan adalah :
  1. Terbentuknya kepengurusan sebagai upaya regenerasi kepemimpinan organisasi mahasiswa asal Pulau Lombok
  2. Terbinanya rasa kekeluargaan yang kokoh dikalangan mahasiswa asal Pulau Lombok yang ada di kawasan Jakarta
  3. Terbentuknya organisasi kedaerahan yang solid dan dinamis dalam ikut serta mengawal pembangunan daerah melalui ide atau Gagasan yang cemerlang
  4. Lahirnya  SDM agen perubahan sosial yang memilki daya getar dan daya gerak
Nama dan Tema Kegiatan
”MUSYAWARAH LUAR BIASA IKATAN MAHASISWA SASAK (IMSAK) JAKARTA PERIODE 2009-2010 DAN PELANTIKAN” dengan Tema ”Integrasi, Solidaritas dan Tanggung Jawab Sosial”
Tujuan
Tujuan diadakannya MUSYAWARAH LUAR BIASA IKATAN MAHASISWA SASAK (IMSAK) JAKARTA PERIODE 2009-2010 adalah :
  1. Terbentuknya kepengurusan sebagai upaya regenerasi kepemimpinan organisasi mahasiswa asal Pulau Lombok
  2. Terbinanya rasa kekeluargaan yang kokoh dikalangan mahasiswa asal Pulau Lombok yang ada di kawasan Jakarta
  3. Terbentuknya organisasi kedaerahan yang solid dan dinamis dalam ikut serta mengawal pembangunan daerah melalui ide atau Gagasan yang cemerlang
  4. Lahirnya  SDM agen perubahan sosial yang memilki daya getar dan daya gerak
Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk Musyawarah Luar Biasa (MUSLUB) kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan dengan bentuk Seminar atau Diskusi tentang ”NTB dan Problematika dan Solusinya, dengan nara sumber :
  1. Hendrianto (Dinas Penghubung NTB)
  2. L. Sudarmadi, MPIA (Ketua RKM NTB)
  3. Kombes Drs. L. Suprapte (Ketua HIMALO JAYA)
  4. TGH. Zainul Majdi, M.A (Keynote Speaker)
Waktu dan Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan dua hari pada :
Hari/ Tanggal : Sabtu-Minggu, 14-15 Maret 2009
Waktu : Pukul 08.00 s.d. selesai
Tempat : Taman Mini Indonesia Indah
HUMAS:

Zainal 08170765051

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s