BeduG di Masyarakat Betawi

Hubungan bedug dan Islam di Masyarakat Betawi

Oleh: A.hamid Alghamidi

Dimasyarakt Betawi bedug dipergunakan sebagai alat komunikasi. Komunikasi ( jamaah /masyarakat ) segera memahami pesan apa yang disampaikan komunikator lewat suara bedug yang diperdengarkan. Bedug telah menjadi alat komunikasi yang menjangkau pendengar dari jarak yang jauh, disamping alat komunikasi lainnya saat itu misalnya tontong (kentongan yang dibuat dari bambu). Peran ayang dimainkan bedug sat itu diantaranya dalam beberapa pesan diantaranya.

1. Dalam memberitahukan waktu shalat

BIla diawal islam waktu shalat diberitahukan lewat azan, sampai kapan pun umat islam akan tetap menjadikan azan sebagai informasi kepada mereka bahwa waktu shalat sudah tiba. Hanya saja yang jadi pemikiran kaum muslimin bagaimana agar suara azan itu didengar lebih jauh. Untuk itulah masyarakat betawi menjadikan bedug sebagai alat penyampaian berita tentang masuknya waktu shalat.

Didorong oleh keinginan ulama mengajak masyarakat mendirikan shalat diawal waktu pada waktu dulu sebelum adanaya alat-alat yang memudahkan orang untuk memberi kabar seperti meacropen,speaker dll.maka terdorong pula untuk mencari sarana yang dapat menginformasikan mereka bahwa waktu shalat hampir tiba atau telah tiba.Pada saat itu alat komunikasi yang paling diandalkan adalah bedug, maka merka pukul dengan ciri dan ketentuan yang khas dilakukan berulang-ualang pada masing-masing waktu hingga terbentuklah dalam ingatan mereka kalau bedug dipukul, 4 kali berarti waktu shalat zhuhur telah tiba,begitu pula Ashar dan isya dan dipukul satu putaran lama berarti masuk waktu magrib dan bila dipukul dua putaran berarti masuk waktu subuh atau peringatan hari jum’at bila dipukul jam 09.00 di hari jum’at.

2. Bedug sebagai berita duka cita

Berita duka cita yang dikonfirmasikan lewat suara bedug adalah beria kematian. Bila yang meninggal adalah anak-anak maka beduk dipukul 1 ubeng ( putaran), dan bila yang meninggal orang dewasa maka bedug di tabuh dua ubeng ( putaran ), bila yang meninggal kakek-kakek atau nenek-nenek maka bedug di tabuh selama tiga ubeng ( putaran ).untuk membedakan beduk kematian dengan beduk waktu shalat biasanya masyarakat mengenalinya dengan lama atau cepat memukulnya dan jelas bedug kematian dipukul berbarengan dengan waktu shalat.

2. Bedug sebagai ungkapan gembira dihari-hari penting bagi kaum muslim

  • Gembira datangnya Ramadan

Sehari sebelum tiba waktu puasa, masyarakat betawi dengan gembira menabug bedug sejak usai shalat subuh hingga datang waktu magrib. Pemukulan bedug yang berkaitan dengan ramadhan juga dilakukan usai shalat magrib hingga masuk waktu shalat isya. Selain itu, bedug pun ditabuh setelah selsai shalat taraweh denga hentakan cepat dan tinggi dan inilah hanya sebentar, maksimal tiga orang pemukul denagan durasi sangat terbatas mengiringi kaum muslimin bubar dari shalat taraweh. Pemukulan yang terakhir di malam rhamadahan adalah pukulan sedang sahur. Penabuhan bedug sahur sangat sangat khusus. Begitu juga jika anak-anak agar terampil memukul bedug sahur anak-anak harus belajar terlebih dahulu kepada abang-abang mereka terlebih dahulu . Anak-anak memukul bedug tradisinya dengan meamakai kain sarung yang dikalungakan dileher disilangkan kebadan membentuk angka delapan agar tidak ribed kata orang betawi.

  • Gembira Datangnya hari Raya

Kedatangan hari raya disambut gembira oleh kaum muslimin di betawi. Uangkapan dan luapan kebahagiaan di rayakan dengan menabuh bedug. Bedug ditabuh bertalu-talu seak usai shalat magrib di malam takbiran. Istirahat sebentar untuk shalat isYa, setelah shalat isya bedug ditabuh kembali silih berganti hingga hingga pagi dan datangnya waktu shalat subuh. Aktifitas malam takbiran selain memukul bedug adalah takbiran dan Rowahan. Rowahan adalah istilah semacam selamatan dalam rangka mendoakan orang yang telah meninggal dunia, diambil dari kata bahasa arab yang artinya Ruh. Di hari raya pemukulan bedug dumulai lagi setelah bubar shalat idul fitri, dan selama idul fitri minimal pemukulan bedug lebaran tiga hari dan maksimal satu minggu. ( A.h )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s